Jumat, 24 Februari 2017

Karya Ilmiah "Peluang E-Commerce di Indonesia"

lukman khakim
16.11.0120

ABSTRAKSI

E-Commerce merupakan suatu kontak transaksi perdagangan antara penjual dan pembeli dengan menggunakan media internet. Keuntungan yang diperoleh dengan menggunakan transaksi melalui e-commerce adalah untuk meningkatkan pendapatan dengan menggunakan penjualan online yang biayanya lebih murah dan juga sekaligus biaya-biaya operasional seperti kertas, pencetakan katalog.

Adapun sistem e-commerce yang digunakan adalah dengan joomla, joomla adalah salah satu nama web developer yang berbasisi CMS (Content Management System) dan bersifat open source yang dapat dengan lelusan untuk melakukan content.

Saya mengambil content ini karena saya akan berencana membangun sebuah website e-commerce bertemakan cari-jual-beli rumah/kontrakan/kos-kosan di jogja. Dengan masih mendevelop website ini jadi saya bisa mendapatkan gambaran tentang e-Commerce itu sendiri, inilah yang saya jadikan landasan saya mengambil judul “E-Commerce” untuk karya ilmiah peluang bisnis, mata kuliah lingkunan bisnis.

ISI

Sejak dulu perdagangan sudah di kenal oleh manusia, mereka bertransaksi secara manual ketika mereka membutuhkan barang-barang yang mereka butuhkan untuk keperluan pribadi maupun umum dengan cara yang begitu merepotkan dan membuang waktu saja. Sejalan dengan berkembangnya manusia cara perdagangan kian berubah pesat, sarana untuk perdagangan pun semakin canggih dan mempermudah cara perberdagangnya maupun penggunaannya. perdagangan automatis inilah e-commerce? Apa itu e-commerce di bawah ini adalah pembahasannya:

• Pengertian E-Commerce
Pengertian e – commerce dapat di tinjau dari singkatan e - commerce itu sendiri yaitu electronic commerce jadi sudah sangat jelas bahwa pengertian e-commerce adalah perdangan elektronik. E-commerce dapat di definisikan sebagai segala bentuk proses transaksi perdagangan atau jasa dengan menggunakan media elektronik dan memanfaatkan jaringan komputer yaitu internet.
  



Melihat tingkat penggunaan internet penduduk Indonesia yang pada setiap tahunnya selalu mengalami peningkatan, dengan jelas bahwa peluang E-Commerce pada bisnis Indonesia sangatlah potensial bahkan sangat besar. Dimana tidak sedikit dari pengguna internet melakukan pembelian produk secara online (online shopping). Sehingga oleh karena itu, pelaku bisnis internet atau online tidak lagi merasa ragu akan keberhasilan pemasaran produknya dalam jaringan internet mengingat kontribusi penduduk masyarakat Indonesia sangat tinggi dalam penggunaan media internet. Seperti yang terjadi pada saat ini, dapat kita lihat maraknya bermunculan online shop di berbagai media social, yang juga dimana diakibatkan oleh tingginya permintaan konsumen akan produk yang ditawarkan pada internet. Bahkan tidak sedikit dari para kalangan masyarakat yang merasa lebih nyaman dan merasa puas akan adanya penjualan secara online ini. Khususnya bagi kalangan muda yang memang gemar berbelanja berbagai macam busana, aksesoris, gadget dan lain sebagainya.

    • Karakteristik E-Commerce
    E- commerce berbeda dengan perdangan biasa, e- commerce memiliki karakteristik yang sangat khusus, yaitu:
    - Transaksi tanpa batas
    Dengan jaringan internet penggusaha dapat memasarkan produknya secara internasional cukup dengan membuat situs web dan memasang iklan di situs-situs internet tanpa batas (24jam) dan pelanggan dari seluruh dunia dapat mengakses situs tersebut dan melakukan transaksi secara on line. 


    - Transaksi Anonim
    Para penjual dan pembeli dalam transaksi melalui internet tidak harus bertemu muka satu sama lainnya. Penjual tidak memerlukan nama dari pembeli sepanjang mengenai pembayarannya telah diotorisasi oleh penyedia sistem pembayaran yang ditentukan, yang biasanya dengan kartu kredit.

    - Produk barang tak berwujud
    Banyak perusahaan yang bergerak di bidang e-commercen dengan menawarkan barang tak berwujud separti data, software dan ide-ide yang dijual melalui internet.

    • Aplikasi Umum E-Commerce
    a. Content Management Systems
    b. Dokumen, spreadsheet, database
    c. Akunting dan sistem keuangan
    d. Informasi pengiriman dan pemesanan
    e. Pelaporan informasi dari klien dan enterprise
    f. Sistem pembayaran domestik dan internasional
    g. Newsgroup
    h. On-line Shopping
    i. Conferencing
    j. Online Banking
    k. E-mail dan Messaging


    • Keunggulan E-Commerce
    - Memungkinkan pelanggan untuk berbelanja ataupun melakukan transaksi lain tanpa batas selama 24 jam.
    - Memberikan lebih banyak pilihan kepada pelanggan.
    - Pelanggan bisa menerima informasi relevan secara detail dalam hitungan detik, bukan lagi hari atau minggu.


    • Kekurangan E-Commerce
    - Barang yang di jual tidak semuanya di tampilkan
    - Tampilan produknya kurang jelas.
    - Pengiriman barang yang lama
    - Vendor-vendor kemungkinan perlu server web yang khusus serta infrastruktur lainnya, selain server jaringan.
    - Ada kekurangan sistem keamanan, kehandalan, standar, dan beberapa protokol komunikasi.


    • Manfaat E-Commerce
    - Konsumen tidak perlu repot – repot keluar rumah untuk berbelanja
    - Memberikan kesempatan untuk mendapatkan produk terbaik dari berbagai pilihan.
    - Memberikan kesempatan konsumen yang berada di belahan dunia manapun untuk dapat menggunakan sebuah produk/service yang dihasilkan dari belahan dunia yang berbeda dan melakukan transaksi dan meraih informasi dari pihak pertama sepanjang tahun.


    2.2. Peluang Bisnis E-Commerce

    Kemajuan dunia bisnis begitu dirasakan di seluruh penjuru dunia, termasuk di Indonesia. Begitu juga dengan tingkat persaingan bisnis yang semakin lama semakin ketat dan marak. Dunia bisnis seperti tidak ada matinya, ini menjadikan bahwa bisnis sebagai lahan penting dan bentuk kegiatan yang wajib pasti dilakoni dan akan selalu berkembang disetiap wilayah negara berada khususnya Indonesia. Pergeseran transaksi konvensional ke online semakin terlihat nyata. Indikasinya pertumbuhan pengguna smartphone dan internet semakin tinggi. e-Money sangat dibutuhkan di Indonesia dengan sebaran penduduk di berbagai pulau. Ke depannya model transaksi seperti iPaymu akan menjadi pilihan para konsumen. 

    Referensi 

    M Suyanto, 2004, Smart In Enterpreneur, Andi Yogyakarta.
    http://amikom.ac.id 
    http://mademarianda.com
    http://wikipedia.com


    EmoticonEmoticon