Kamis, 16 Februari 2017

Peranan Integrated Marketing Communications dalam pengembangan Bisnis


Pada awal tahun 1980-an, Kebutuhan akan tools promosi yang terkait semakin dirasakan. Proses IMC yang melibatkan berbagai elemen promosi dan aktifitas marketing lainnya dalam berkomunikasi dengan customer, itulah yang mulai dilakukan oleh perusahaan dan meminta agency periklanan untuk keluar dari pakem periklanan tradisional. Maka dari itu agency periklanan menyambut baik hal tersebut dengan menggabungkan dan mengembangkan tools dari; Public Relations, Sales Promotion, Direct marketing dan menyebut diri mereka sebagai Integrated Marketing Communications agency yang memberikan One Stop Service untuk semua kebutuhan promosi perusahaan.
Komunikasi Pemasaran Terpadu (Integrated Marketing Communications) adalah sebuah konsep sederhana bahwa semua bentuk komunikasi dan pesan secara hati-hati terkait bersama-sama yang digunakan untuk berkomunikasi dengan pasar dan proses untuk mengelola hubungan pelanggan yang mendorong nilai merek (ekuitas merek).
Tom Duncan dan Sandra Moriaty menyatakan bahwa Intergrated Marketing Communicationsmerupakan salah satu pendekatan marketing generasi terbaru yang digunakan oleh perusahaan agar lebih fokus dalam mengakuisisi customer, membangun dan mengembangkan hubungan dengan customer dan stakeholder.
Menurut mereka, ada 3 jenis pesan dalam perusahaan :
• Corporate : filosofi, praktek bisnis, visi / misi dan budaya perusahaan
• Marketing : desain, tampilan, pricing, service support dan distribusi
• Marketing Communication : pada tahapan ini, pesan harus dikirim dan diterima pada landasan konsistensi baik dalam eksekusi maupun strategi untuk menciptakan persepsi yang lengkap dan konsisten kepada customer maupun stakeholder melalui agency periklanan, PR, promosi penjualan dan lain – lain.
Pengembangan bisnis yang bisa dilakukan oleh perusahaan dan keuntungannya lewatIntegrated Marketing Communications ini adalah para pengusaha akan secara cepat beradaptasi terhadap perubahan teknologi dan media secara menyeluruh seperti, Media internet yang berkembang sangat pesat dengan adanya transaksi online yang dilakukan masyarakat dan perubahan media tradisional seperti TV, Radio, dan Media cetak lainnya yang semakin spesifik dan tersegmentasi sehingga memudahkan customer untuk menerima pesannya.
Kemudian IMC akan lebih efektif dan efisien karena adanya sinergi antar tools yang akan menguntungkan pengusaha. Contohnya, respon masyarakat atas iklan yang terdapat dalam 6 sekuel film James Bond dengan mobil Aston Martin DB5 atau 4 sekuel Trasnsformers dengan mobil Chevrolet Camaro yang dikenal sebagai icon Bumblebee yang dengan gamblang diakui oleh masing-masing brand, penjualan dari kedua produk tersebut meningkat pada tahun yang sama dengan peluncuran film dan ini menjadi suatu keuntungan besar karena produk akan membentuk brand image dari perusahaan yang konsisten dengan fitur produk yang terlihat meningkat.
Integrated Marketing Communications di Indonesia sendiri telah berkembang dengan pesat pula, contohnya pada gadget terutama smartphoneSmartphone, sekarang telah menjadi sesuatu yang wajib dibawa kemanapun di masyarakat. Produk yang di iklankan menggunakan strategi IMC sangatlah berhasil, bagaimana tidak produknya telah mengubah perilaku dari customernya. Pagi, siang, sampai malam bahkan sewaktu ingin tidur sebagian masyarakat tidak dapat lepas sari smartphone-nya. Inilah salah satu strategi IMC yang paling baik.
Manfaat IMC yaitu dapat menciptakan keunggulan kompetitif, meningkatkan penjualan dan keuntungan, menghemat uang dan waktu. IMC mengikat komunikasi seluruh pelanggan dan membantu mereka bergerak melalui berbagai tahap proses pembelian. Organisasi secara simultan mengkonsolidasikan citra, mengembangkan dialog dan memelihara hubungan dengan pelanggan. Kemampuan untuk mempertahankan pelanggan untuk hidup adalah keunggulan kompetitif yang kuat.
IMC juga meningkatkan keuntungan melalui peningkatan efektivitas. Jadi, IMC dapat meningkatkan penjualan dengan peregangan pesan di beberapa alat komunikasi untuk menciptakan jalan lebih bagi pelanggan untuk menjadi sadar, tertarik dan akhirnya melakukan pembelian.  IMC membuat pesan lebih konsisten dan karena itu lebih kredibel.

Proses Integrated Marketing Communications Sebagai Pendekatan Efektif dan Komprehensif

Promosi merupakan salah satu hal penting dalam proses IMC. Ada banyak cara untuk mempromosikan produk/jasa perusahaan/organisasi melalui berbagai kegiatan Promotion Mix. Usaha-usaha promosi yang yang dilakukan harus bisa melalui tahapan konsep AIDDA :
• Menarik perhatian audience/calon konsumen ( Attention )
• Menciptakan ketertarikan pada diri audience/calon konsumen ( Interest )
• Membangkitkan hasrat audience/calon konsumen ( Desire )
• Mendorong pembuatan keputusan ( Decission )
• Menetapkan dan memutuskan tindakan untuk memuaskan hasrat dan merealisasikan keputusan yang sudah dibuat ( Action )

Sebuah proses IMC yang efektif melalui tahap-tahap sebagai berikut :

• Identify the target audience, mengidentifikasi target audience, dengan mengacu kepada hasil market research dan data sekunder lainnya.
• Determine the communications objectives, menetapkan tujuan dan sasaran komunikasi.
• Designs the messaging content, merancang isi pesan yang paling tepat bagi target audience dan sasaran/tujuan yang ditetapkan. Efektivitas peyampaian pesan, menentukan sukses tidaknya IMC.
• Select the means for communications, memilih cara komunikasi ( termasuk pemilihan media komunikasi )
• Define the mix of media, budget and priorities, menetapkan media-media yang akan digunakan, anggaran prioritas.
• Measure the effectiveness of the efforts, mengukur efektivitas usaha yang dilakukan. Selain itu terdapat beberapa komponen dari
Komunikasi Pemasaran Terpadu diantaranya yaitu advertising, direct marketing, publicity/public relation, dan sales promotion.
Advertising, periklanan merupakan elemen penting dari bauran komunikasi pemasaran. Sederhananya, iklan mengarahkan pesan pada sejumlah besar orang dengan komunikasi tunggal. Dalam hal ini adalah media massa seperti televisi, koran, majalah, radio, baliho, dan lain-lain.
Public Relation, kehumasan atau public relation (PR) merupakan fungsi manajemen yang mengevaluasi perilaku masyarakat, mengidentifikasikan prosedur dan menyesuaikannya dengan kepentingan masyarakat umum serta kemudian menjalankannya untuk mendapatkan pemahaman dan penerimaan dari masyarakat. PR mempunyai tujuan yang lebih luas dari publisitas karena tujuan utamanya adalah mengupayakan dan menjaga reputasi positif dari produk atau perusahaan. Bentuk penerapan PR antara lain :
  • Publikasi khusus
  • Perisipasi dalam kegiatan masyarakat
  • Penggalangan dana
  • Sponsorship dan event dan lain – lain.

Personal selling,  seorang penjual menjual produk individu, layanan atau solusi kepada klien. Wiraniaga sesuai manfaat menawarkan mereka dengan kebutuhan spesifik dari klien. Hari ini, penjualan pribadi mencakup pengembangan hubungan klien lama.   Interaksi ini memberikan fleksibilitas dimana penjual dapat melihat atau mendengar respon atau reaksi dari calon pembeli dan menyesuaikannya dengan pesan penjualannya.
Direct Marketing, pemasaran langsung adalah pendekatan saluran bebas untuk distribusi dan / atau komunikasi pemasaran. Jadi sebuah perusahaan mungkin memiliki strategi berurusan dengan pelanggan secara langsung, dalam arti bahwa kesepakatan tersebut dilakukan langsung antara produsen dan pelanggan.
Perangkat utama Penjualan Langsung adalah iklan yang bersifat respon langsung (direct response) dimana produk dipromosikan melalui iklan dan mendorong konsumen untuk langsung membeli dari perusahaan / pabrik (bukan melalui toko atau distributor). Umumnya berupa pencantuman formulir pemesanan di iklan, ajakan untuk menelpon saat itu juga atau penggunaan kupon dengan waktu terbatas.Contoh : direct mail, Telemarketing, online tools dan direct  selling.
Sales Promotion, promosi penjualan adalah setiap inisiatif yang dilakukan oleh organisasi untuk mempromosikan peningkatan penjualan, penggunaan atau percobaan produk atau jasa (inisiatif yaitu yang tidak tercakup oleh unsur-unsur lain dari komunikasi pemasaran atau bauran promosi). Promosi penjualan bervariasi.

Berikut adalah beberapa contoh populer kegiatan promosi penjualan:

Buy-One-Get-One-Free (BOGOF) – yang merupakan contoh dari promosi diri melikuidasi.
Customer Relationship Management (CRM) insentif seperti bonus poin atau uang dari kupon. Ada banyak contoh dari CRM, dari bank untuk supermarket.
  • Media baru. Website dan ponsel yang mendukung promosi penjualan.
  • Merchandising.
  • Diskon.
  • Sampling.
  • Voucher dan kupon.

source :
- IMC Article
- Think IMC!


EmoticonEmoticon